photo 9186f5ad-cd5c-451c-92ac-9fb339bb14b2_zps15260308.jpg

Senin, 10 Maret 2014

Ujicoba Wakeboarding di Waduk Sermo




INFO KITA -Mungkin beberapa di antara kita masih asing mendengar nama olah raga air wakeboarding, apalagi sampai mencobanya sendiri. Karena selain memerlukan peralatan pendukung yang memadai olah raga air wakeboarding ini hanya bisa dilakukan di tempat-tempat tertentu dan masih jarang kita temui.


Kebetulan beberapa hari lalu saya berkesempatan melihat sendiri beberapa orang yang sedang mencoba olah raga air wakeboarding di waduk Sermo yang berada di wilayah Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.




Melihat hanya sedikit peralatan yang dibawa dan digunakan ternyata benar mereka sedang melakukan ujicoba wakeboarding di waduk Sermo yang memiliki air yang jernih dan dikelilingi pemandangan bukit-bukit menghijau ini.




Namun sayangnya karena keterbatasan peralatan tersebut saya jadi tidak bisa melihat manuver – manuver cantik seperti yang dilakukan oleh wakeboarders pada umumnya ketika beraksi di atas papan wakeboard.


Apa itu Wakeboarding?


Seperti yang saya kutip dari Komunitas Wakeboard Indonesia di Kaskus, Wakeboarding merupakan olah raga air yang menggabungkan teknik dan konsep skateboarding, snowboarding dan surfing yang memberikan kesempatan buat wakeboarder untuk dapat menikmati sensasi kecepatan dan menaklukkan ombak.


Pada umumnya wakeboarder ini akan ditarik oleh speedboat menggunakan seutas tali dan speedboatdijalankan dengan kecepatan tertentu. Meskipun termasuk dalam kategori olah raga extreme sport namun ternyata olah raga ini aman untuk dilakukan oleh wanita dan anak-anak di atas usia enam tahun dan tidak memerlukan keahlian khusus buat pemula sekalipun. Karena yang paling penting dan diperlukan di sini hanyalah mengikuti instruksi dari pelatih.


Namun mengingat olah raga wakeboarding ini memerlukan biaya yang cukup mahal maka munculah alternatif baru dalam bermain wakeboard yaitu dengan menggunakan kabel dan ditarik menggunakan mesin sebagai pengganti speedboat seperti yang saya lihat pada ujicoba wakeboarding di waduk Sermo beberapa hari lalu.


Itulah olah raga air wakeboarding, dan jika anda ingin melihat aksi wakeboarder dunia ketika berada di atas papan selancar silahkan simak video dari YouTube di bawah ini.






Source: http://log.viva.co.id/news/read/486785-wakeboarding-di-waduk-sermo